![](http://a7.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/183478_1824007008823_1499694850_1999158_2469876_n.jpg)
Menanggapi artikel bro Arantan – Knalpot “Racing” Aman Dijalan ga aman Di Komplek …
Knalpot motor khususnya motor 4 tak
sering kali dianggap terlalu “sunyi” bahkan mbah sendiri sering kena
protes gara gara terlalu sunyi
nah artikelnya ada disini .
Nah mbah nggak mau munafik ato belaga stik to the book, karena kalo
sampe kesundul gara gara suara motor gak kedengeran toh yang rugi ya
biker itu sendiri
, makanya mbah bisa memastikan fakta pada kenyataanya memang suara bagi
motor adalah “sebagai pertanda akan keberadaanya”. Tetapi konon suara
bising knalpot seringkali mengganggu jika motor berada di pemukiman. nah
gimana ini ? Hmm sebagai solusinya, mbah memberi sedikit tips
![:lol:](http://s2.wp.com/wp-includes/images/smilies/icon_lol.gif?m=1301509687g)
![:?](http://s1.wp.com/wp-includes/images/smilies/icon_confused.gif?m=1301509687g)
![:D](http://s0.wp.com/wp-includes/images/smilies/icon_biggrin.gif?m=1301509687g)
knalpot Racing “Full System” – Meliputi penggantian header dan Catalityc eliminator
Cukup ganti “Muffler” atau “Slip on” – Harga murah, suara motor pun bisa diatur … emisi pun tetap!
Nah sering kali kita “Rancu” antara
“Knalpot Racing” dengan “Slip on Racing”. Pada dasarnya, apa yang
disebut “knalpot racing” atau dikalangan superbikers disebut “Full
system” adalah :
penggantian perangkat kenalpot secara keseluruhan yang meliputi mufler, catalitic eliminator hingga ECU dan air filter. Efeknya suara motor akan keras bahkan diputaran rendah sekalipun. Tetapi tenaga motor akan naik drastis setidaknya hingga 10%. Di EU ditegaskan knalpot ini hanya untuk kompetisi / track
![HYM - Termignoni Carbon Slip On - 96456110B](http://ducatimonster.files.wordpress.com/2011/05/hym-termignoni-carbon-slip-on-96456110b.jpg?w=300&h=300)
Knalpot “Racing Slip On” hanya mengganti muffler standar … sisanya sama dan harga lebi murah !
Sementara knalpot “Slip on” adalah
penggantian bagian “muffler atau silencer” motor saja. Efeknya suara
motor pada stationery dan rpm rendah relatif tidak berubah.
knalpot “Racing Slip On” hanya menaikan “db” suara diputaran atas, emisi gas buang dan “db” diputaran renda tidak berubah
Tetapi suara motor pada rpm tinggi baru
berubah. Apakah ini mempengaruhi tinggat emisi ? Nope, karena yang
dirubah pada knalpot slip on hanyalah “melepas” DB Killer. Dinegara
seketat Singapura dan Uni Eropa sekalipun, penggunaan knalpot “racing –
slip on” ini legal.
jadi gak ada alasan untuk menolak knalpot “Slip on ini” Yey!
![:D](http://s0.wp.com/wp-includes/images/smilies/icon_biggrin.gif?m=1301509687g)
http://indobikermags.com
0 komentar:
Posting Komentar